Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil

 



Mengonsumsi makanan bergizi semasa hamil benar-benar disarankan untuk kehamilan yang sehat. Buah semangka satu diantara buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebab muatan gizinya. Bermacam nutrisi dalam buah semangka bisa memberikan dukungan perkembangan janin.


Buah semangka berupa bundar, mempunyai daging memiliki warna merah, serta struktur berair. Rasa-rasanya yang manis serta muatan air yang banyak beri kesegaran untuk disantap. Bermacam nutrisi yang terdapat pada buah semangka memberi dampak baik buat badan, salah satunya menurunkan ngilu otot, tingkatkan insulin, serta turunkan tekanan darah.


Nutrisi serta Faedah Buah Semangka untuk Ibu Hamil


Formasi buah semangka terbagi dalam 91 % air serta 7,5 % karbohidrat. Buah semangka hampir tidak memiliki kandungan lemak serta protein, dan cuman sedikit memiliki kandungan kalori. Muatan airnya yang tinggi benar-benar bagus untuk badan, sebab bisa menolong ibu hamil terhidrasi secara baik. Ditambah lagi ibu hamil memang memerlukan semakin banyak air dari orang biasa.


Air mainkan peranan penting dalam perubahan janin, yaitu menolong pembangunan plasenta serta kantung ketuban, dan jadi salah satunya bahan pembentuk cairan ketuban. Dehidrasi pada ibu hamil dapat menyebabkan kompleksitas serius buat ibu serta janin.


Nutrisi serta faedah yang lain dari buah semangka yang bagus untuk ibu hamil ialah seperti berikut:


Likopen


Semangka kaya likopen, anti-oksidan yang membuat warna buah jadi merah. Likopen dipakai oleh badan untuk membuat beta-karoten yang selanjutnya dirubah jadi vitamin A. Faedah lainnya dari likopen ialah kurangi efek kanker.


Pada ibu hamil, anti-oksidan seperti likopen kemungkinan berefek bagus di dalam menahan berlangsungnya preeklamsia serta kecilnya ukuran badan bayi waktu lahir. Tetapi masih diperlukan riset selanjutnya untuk pastikan data itu.


Asam amino citrulline


Daftar Akun Judi Bola Terpercaya Guna Permainan Semangka ialah sumber makanan yang mengandung asam amino citrulline paling tinggi. Citrulline paling terdapat banyak di kulit putih yang melingkari daging semangka. Pada tubuh, citrulline dirubah jadi asam amino fundamental arginine. Baik citrulline atau arginine bisa menolong turunkan tekanan darah dengan memperlebar serta merelaksasi pembuluh darah.


Kalium


Kalium adalah salah satunya tipe mineral serta elektrolit yang perlu untuk mengatur tekanan darah serta jaga jantung masih sehat. Pada ibu hamil, kekurangan kalium bisa menyebabkan kaki alami kram, lemas, serta irama jantung terusik.


Ibu hamil dianjurkan konsumsi kalium (potassium) sekitar 4.700 mg /hari. Sedang pada ibu menyusui, jumlah kalium yang dikonsumsi harus semakin banyak lagi, yaitu 5.100 mg /hari.


Vitamin C


Vitamin C diperlukan oleh ibu hamil untuk membuat kolagen. Kolagen ialah protein yang membuat jaringan ikat, seperti tendon, tulang riskan, tulang, serta kulit. Vitamin C berperanan dalam pembaruan jaringan badan yang rusak, perkembangan tulang, pelihara kesehatan kulit, dan menolong penyerapan zat besi.


Vitamin B5


Vitamin B5 bisa menolong memudahkan kram yang seringkali berlangsung pada ibu hamil, dan menolong pembangunan hormon kehamilan. Ibu hamil dianjurkan untuk konsumsi vitamin B5 sekitar 6 mg /hari.


Tembaga


Tembaga menggenggam fungsi penting dalam pembangunan sel darah merah. Mineral ini penting semasa kehamilan, sebab sel darah merah yang diperlukan semakin banyak. Tembaga menolong membuat pembuluh darah, jantung, tulang, serta saraf janin. Ibu hamil minimal memerlukan konsumsi tembaga sekitar 1 mg /hari.


Vitamin A


Vitamin A penting untuk perkembangan janin, khususnya dalam menolong perubahan paru-paru, ginjal, jantung, tulang, mata, pernafasan, peredaran darah, serta skema saraf pusat. Disamping itu, vitamin A dapat menolong melakukan perbaikan jaringan badan ibu sesudah melahirkan.


Panduan Pilih serta Menyediakan Buah Semangka


Supaya mendapatkan faedah buah semangka untuk ibu hamil dengan cara optimal, penyeleksian buah semangka harus jadi perhatian. Pilih buah semangka yang kuat, simetris, bebas dari retakan serta memar. Semangka yang masak akan mempunyai kulit yang mengkilap, sisi bawah memiliki warna kuning mentega, dan mempunyai tangkai yang telah jadi kering.


Anda tidak dianjurkan pilih semangka yang begitu keras serta memiliki warna putih atau hijau pucat. Semangka dengan beberapa ciri semacam ini peluang belum masak serta rasa-rasanya asam.


Buah semangka dapat dikonsumsi langsung atau diproses jadi juice serta salad. Mengingat muatan citrulline terdapat banyak di kulit putih yang melingkari daging semangka, Anda pun dianjurkan mengonsumsi sisi ini.


Faedah buah semangka memang bagus untuk ibu hamil, tetapi buah ini cuman memiliki kandungan sedikit serat. Supaya konsumsi serat serta nutrisi lainnya masih tercukupi, penuhi keperluan buah dan sayur semasa kehamilan. Bila perlu, tanyakan keperluan nutrisi semasa hamil pada dokter gizi.

Postingan populer dari blog ini

10 Kombinasi Buah yang Bikin Salad Buah Jadi Makin Nikmat dan Segar

Bukan Jeruk, Ini 7 Buah dan Sayuran dengan Kadar Vitamin C Tertinggi

Manfaat Buah Nanas untuk Anak